10 Perkakas Kayu Yang Paling Penting Buat Saya

  Tanya Jawab      01 Okt, 2015      Doneeh      7      32.480

Masih menyangkut perkakas-perkakas perkayuan, dan sekaligus menjawab pertanyaan sebelumnya tentang perkakas (mesin) apa sih yang paling penting buat Hobi Kayu?

Berikut ini 10 perkakas mesin kayu yang menurut saya paling penting buat saya dan paling sering saya pakai.

10. Miter/Mitre Saw (Gergaji Sirkular Duduk)
Hmmm... yang jelas alat ini lumayan sering saya pakai, apalagi jika saya berhadapan dengan kayu-kayu balok atau papan-papan panjang yang harus dipotong miring atau harus dipotong cepat.


9. Planer & Thicknesser (Mesin Serut)
Buat yang sering menggunakan bahan kayu keras, perkakas ini sangat penting, karena pengalaman saya, saya belum pernah mendapatkan kayu yang lurus dan siku dari toko kayu, ya kecuali pesan di tukang kusen. Sebenarnya yang betul itu punya jointer dan thicknesser, tapi karena saya belum punya jointer, jadi kadang yang dipakai ya mesin power planer atau pakai thicknessernya sebagai jointer.


8. Router & Trimmer
Trimmer mungkin yang lebih sering saya gunakan dibanding router, karena sering membuat edge banding dan face frame untuk kabinet. Sedangkan router hanya saya gunakan untuk membuat dado, rabbet dan model sambungan lainnya. Ada rencana bikin meja router sendiri tapi waktunya belum ketemu pas dan moodnya >.<.


7. Drill Press (Bor Duduk)
Bor ini biasanya saya pakai untuk membuat lubang besar saja atau lubang-lubang yang membutuhkan presisi, misal untuk membuat lubang tengah. Walau jarang saya gunakan, tapi menurut saya mesin ini termasuk salah satu mesin yang sangat membantu dalam pengerjaan karya.


6. Jig Saw
Tidak semua bahan dipotong lurus dan siku, nah mesin ini saya gunakan untuk memotong bagian yang tidak bisa dipotong dengan mesin lain seperti membuat lengkungan atau potongan free-hand. Awal mula saya hobi kayu, alat ini menjadi pilihan pertama saya untuk mesin potong, karena selain murah, alat ini juga dapat memotong dengan sangat presisi (walau mesti banyak latihan ^_^).


5. Nailer (Mesin Paku)
Perkakas yang satu ini sangat membantu saya dalam proses assembly/perakitan khususnya untuk mengunci kayu pada saat pengeleman agar kayu tidak lari ketika akan di klem sekaligus memberikan tekanan agar kayu merekat lebih kuat. Mesin paku yang banyak dipasaran biasanya menggunakan udara, jadi mebutuhkan kompresor untuk menggunakannya. Ada juga yang menggunakan listrik seperti yang saya punya, lebih sederhana penggunaannya, hanya saja, listrik yang digunakan cukup besar.


4. Circular Saw (Gergaji Sirkular)
Biasanya sebelum bahan saya potong dengan table saw, saya potong-potong terlebih dahulu dengan mesin ini, biar lebih mudah dipotong sesuai ukuran dengan table saw. Perkakas kayu ini sangat membantu pemotongan, apalagi jika kita sering menggunakan triplek atau MDF, dan mesin ini juga bisa digunakan atau dijadikan table saw.


3. Cordless Drill & Driver (Bor & Obeng Baterai)
Mungkin yang ini tidak perlu dibahas ya, saya yakin semua sudah tau ^_^ kegunaannya. Alat ini biasanya muncul di video-video Hobi Kayu khususnya pada saat perakitan.


2. Orbital Sander (Mesin Amplas Tangan)
Ini mesin wajib dimiliki menurut saya, semua karya yang saya kerjakan pasti diakhiri dengan mesin ini. Mesin ini yang menentukan bagus atau tidak dan kesempuraan hasil akhir sebuah karya. Apalagi untuk karya-karya yang menggunakan kayu keras, biasanya, sebagian besar waktu kita, kita gunakan untuk mengamplas.


1. Table Saw (Gergaji Sirkular Meja)
Bagi saya, mesin ini adalah mesin yang paling penting buat hobi perkayuan, karena dengan mesin ini saja sudah bisa menggantikan beberapa mesin yang lain. Mesin ini saya gunakan hampir disemua project yang saya kerjakan, disamping mempermudah dan mempercepat pengerjaan, jika di set dengan benar, mesin ini sangatlah akurat. Memang sih mesin ini agak susah ditemukan, apalagi di kota kecil dan kota-kota luar jawa, belum lagi harganya yang lumayan mahal. Dulu sebelum saya punya mesin ini, saya membuatnya sendiri menggunakan circular saw, walau tidak efisien dan tingkat akurasi yang kurang karena putaran pisau yang tidak stabil, tapi cukuplah untuk diawal buat saya.

 

Masih banyak alat dan perkakas kayu lainnya yang saya belum punya dan belum pernah coba, masih nabung sekarang, semoga nanti bisa dicicil ^_^. Buat temen-temen yang berencana membeli perkakas, saya sarankan untuk memastikan betul alat yang akan dibeli cukup penting buat temen-temen. Sukses dan terus berkarya!

NB: Foto alat hanya ilustrasi, bukan foto sebenarnya alat yang saya punya.




Tagar:

  perkakas      hobikayu   
 
 

Komentar:


heri setiawan @ 21 Januari 2017 - 18:37:09:
ijin gabung mas,salam kenal. Kebetulan saya mau serius mulai hobi woodworking, dr dulu kepengin tp kalah sama hobi yg lain. Kalau dana 4 jt utuk awal,sebaiknya beli tools ap dulu ya? terima kasih...

Rico @ 09 Januari 2017 - 22:19:26:
Terimakasih semoga bermanfaat dan membantu

yudia @ 08 Januari 2017 - 11:20:53:
siang min, kira2 untuk 10 alat tsb habis brapa ya?

Dhirman @ 22 Nopember 2016 - 15:52:52:
thanks atas tulisannya.. jadi nambah pengetahuan tentang alat2 dunia pertukangan..

yuzil @ 23 Januari 2016 - 22:58:07:
Salam kenal mas...
tolong infonya mas mesin bornya merk dan harganya berapa sekalian kelebihan dan kekurangannya? terima kasih

Sedap @ 19 Januari 2016 - 15:54:13:
Salam kenal,
Bagus tulisannya bang,, saya numpang baca-baca ya.
Thanks

Jimmy @ 02 Oktober 2015 - 17:57:39:
Bandsaw nggak masuk kang? :v


Untuk berkomentar, silahkan Login terlebih dahulu.
Member Baru:
 
REGISTRASI MEMBER  
Total Member: 1,909