Jenis-Jenis Mata Bor Kayu

  Bor      27 Sep, 2015      Doneeh      0      23.154

Ada banyak jenis mata bor yang mungkin sering temen-temen lihat dan kadang terlihat asing, saya juga begitu, masih belum hafal semua jenis mata bor baik dari bahan dan fungsinya.

Berikut beberapa jenis mata bor untuk kayu yang saya tau dan beberapa saya miliki di workshop HobiKayu.

 

I. Jenis Mata Bor Berdasarkan Bahan

 

1. Baja - Soft Low Carbon Steel
Mata bor yang sering kita temui di toko-toko bangunan, harganya mungkin yang paling murah dari semua jenis mata bor. Karena murah, mata bor ini mesti sering-sering diasah karena cepat tumpul. Baisanya untuk pemakaian di triplek/multiplek dan kayu-kayu yang tidak terlalu keras. Kalau dipakai untuk kayu jati pasti cepet banget tumpulnya.

2. Baja - High Carbon Steel
Bahan ini lebih bagus dari jenis mata bor diatas, lebih keras dan dapat digunakan untuk kayu dan besi.

3. Baja - High Speed Steel (HSS)
Baja mata bor HSS sangat keras, dan lebih tahan panas, sangat cocok untuk kayu-kayu keras. Selain kayu, mata bor HSS juga dapat digunakan pada besi/metal. Mata bor ini sangat mudah didapat, di toko bangunan biasanya ada, harganya jelas diatas kedua jenis mata bor diatas.

4. Baja - Cobalt Steel Alloy
Sebenarnya bahannya sama dengan HSS hanya kandungan cobaltnya lebih banyak jadi lebih keras dibanding mata bor HSS biasa. Mata bor cobalt digunakan untuk bahan yang keras seperti besi dan stainless steel.

---

II. Jenis Mata Bor Khusus Berdasarkan Fungsi/Kegunaan

 

1. Twist Bit
Twist bit merupakan mata bor universal yang dapat digunakan pada kayu, besi/metal dan plastik. Mata bor ini banyak ditemukan di toko-toko bangunan dan toko perkakas.

 

2. Brad Point Bit
Mata bor ini mungkin yang paling familiar diantar mata bor lainnya karena mudah didapatkan dan harganya murah. Ciri khas mata bor kayu ini memiliki ujung yang runcing dan tajam.

 

3. Wood Spade Bit/Mata Bor Kipas
Mata bor ini unik, bentuknya pipih di bagian badan dan runcing tajam di bagian ujung dan tidak memiliki spiral di bagian badannya. Mata bor khusus kayu ini biasa digunakan untuk membuat lubang besar.

 

4. Forstner Bit
Mata bor Forstner digunakan untuk membuat lubang di kayu, baik lubang tembus atau tidak. Biasanya mata bor ini digunakan di mesin bor duduk (Drill Press) karena getarannya yang kuat sehingga sulit di stabilkan jika menggunakan bor tangan.

 

5. Countersink Bit
Mata bor ini digunakan untuk membuat cekungan pada lubang yang sudah di bor dengan tujuan agar kepala sekrup bisa masuk dan rata dengan permukaan kayu. Ada 2 jenis mata bor countersink yang saya punya, yang pertama itu hanya untuk membuat cekungannya saja, jadi sebelumnya harus di bor terlebih dahulu, dan yang kedua countersink tambahan yang bisa dipasangkan di mata bor kayu biasa, jadi pada saat pengeboran, langsung membuat lubang countersink.

 

6. Self Center Bit
Mata bor ini digunakan untuk membuat lubang sekrup dengan presisi, contohnya untuk membuat lubang sekrup untuk engsel.

 

7. Auger Bit
Mata bor Auger biasanya sangat panjang dan memiliki jarak spiral yang lebar. Selain untuk membuat lubang, mata bor ini juga biasa digunakan untuk membersihkan ampas kayu pada lubang yang sudah di bor.

 

8. Hole Saw Bit
Hole Saw digunakan untuk membuat lubang tambus pada kayu, biasanya lubang yang cukup besar. Tidak seperti mata bor Forstner yang memangkas habis kayu yang ada di dalam diameter mata bornya, mata bor Hole Saw akan menyisakan potongan kayu didalam casingnya, jadi mata bor ini juga bisa digunakan untuk membuat lingkaran seperti ban mobil-mobilan.

---

Masih banyak jenis mata bor lainnya yang belum saya tau dan punya, masih coba mengumpulkan satu persatu. Jenis-jenis mata bor diatas hanya baru untuk kayu, belum lagi ada yang untuk tembok/beton, baja, kaca, keramik, dll. Moga-moga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang ingin belanja online, kadang saya sudah tau bentuknya tapi tidak tau namanya ^_^.




Tagar:

  mata bor   
 
 

Komentar:


Belum ada komentar.

Untuk berkomentar, silahkan Login terlebih dahulu.
Member Baru:
 
REGISTRASI MEMBER  
Total Member: 2,161