Membuat Gantungan / Jemuran Handuk

Membuat Gantungan / Jemuran Handuk


Project akhir pekan, membuat gantungan / jemuran handuk dari kayu Spruce / kayu Jati Belanda.

Dimensi:

Lebar: 28cm
Panjang: 85cm
Tinggi: 95cm

Bahan: Kayu Spruce (Jati Belanda)
Finishing: Boiled Linseed Oil

Project ini hanya menggunakan mesin Table Saw dan mesin mesin amplas. Mungkin agak repot/susah jika dikerjakan tanpa Table Saw, khususnya untuk membelah papan. Semua bagian memiliki dimensi sama, yaitu lebar 4cm dan tebal 2,5cm.

Untuk sambungan, saya menggunakan sambungan "Half Lap". Bagian tersulit pada project ini pada saat pembuatan penyambung horisontal di bagian kaki, karena membutuhakn sambungan ke kaki dan penyangga tengah. Penyangga kaki bagian atas cukup sederhana, karena hanya membutuhkan sambungan Half Lap ke kaki.

Sebelum melakukan perakitan, amplas tiap bagian dengan kertas amplas 80 atau 120. Lem bagian kaki dan penyangga terlebih dahulu, paku jika dibutuhkan. Setelah kaki kanan dan kiri menyatu, pasang bagian 2 rak bagian bawah.

Sambungkan/pasang rak bagian atas. Bersihkan lem yang keluar dengan lap basah dan tunggu hinggal lem kering (minimal 6 jam jika tanpa paku).

Setelah kering, amplas semua bagian dengan kertas amplas 240 atau 320. Bersihkan dengan lap kering setelah pengamplasan.

Setelah bersih dari debu amplasan, tiba waktunya finishing. Untuk project ini, saya menggunakan 2 lapis Boiled Linseed Oil, tapi teman-teman dapat menggunakan bahan lain sesuai selera.

Pastikan lapisan benar-benar kering sebelum digunakan. Semoga project ini memberikan sedikit inspirasi buat teman-teman HobiKayu. Selamat mencoba ^_^.


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: project, jati belanda, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan