Mengenal Mesin Serut Kayu

Mengenal Mesin Serut Kayu


Ketika saya ditanya tentang mesin serut, agak bingung juga karena mesin serut apa dulu? Ada beberapa jenis mesin serut yang ada dipasaran dan masing-masing memiliki kegunaannya masing-masing.


Berikut ini ada beberapa mesin serut yang biasanya digunakan dalam Woodworking, khususnya untuk menyiapkan material dan penyelesaian akhir. Artikel ini khusus mesin, jadi tentang serut tangan manual (Hand Plane) tidak ada disini. Mesin serut dibawah ini diurutkan berdasarkan urutan penggunaan.


1. Jointer

Jointer kita gunakan pertama kali untuk membuat kayu rata, lurus dan siku. Hanya dua sisi yang akan di serut, sisi yang saling berhubungan, misal sisi bawah dan kiri, atau bawah dan kanan. Pada mesin ini ada pagar (fence) sehingga memungkinkan dan mempermudah untuk membuat siku. Ukuran mesin Jointer bervariasi, yang paling umum memiliki lebar minimal sekitar 15cm. Mesin ini dapat mengatasi kayu yang "ngulet", melengkung atau tidak rata dengan cepat, sehingga proses menyiapkan material akan semakin mudah dan singkat.

Bentuk mesin Jointer ini mirip seperti Mesin Serut Tangan (Power Planer) yang dibalik, jadi cara penyesuaian pisau dan kalibrasinya sama dengan mesin serut tangan. Untuk harga, dikisaran mulai 4jtaan yang kelas paling murah.

Beberapa merk Jointer yang ada di pasaran: Oscar, WiPro, Aldo.


2. Thickness Planer / Thicknesser

Setelah melalui proses jointing dengan Jointer, material selanjutnya masuk ke mesin Thicknesser, disini kayu akan dibuat lurus pararel dengan bagian yang sudah kita serut dengan Jointer. Jadi, jika bagian yang sudah kita serut dengan Jointer itu bawah dan kanan, maka yang masuk ke mesin ini adalah atas dan kiri (bergantian). Pastikan bagian bawah dan kanan tadi sudah benar-benar rata dan siku, jika tidak, maka bagian atas dan kiri akan mengikuti kontur bagian bawah dan kanan tadi. Mesin ini dapat diatur ketinggiannya, jadi sangat berguna jika kita ingin menyiapkan bahan dengan ketebalan tertentu.

Beberapa merk Planer yang ada di pasaran: Makita, Oscar, Aldo, Fujiyama.


3. Power Planer

Sebenernya ini tidak masuk dalam urutan penggunaan, tapi kadang dipakai juga untuk penyesuaian akhir. Power Planer atau mesin serut tangan ini sangat berguna jika kita tidak memiliki dua mesin diatas, tapi tingkat presisinya tidak begitu akurat, khususnya waktu melakukan penipisan (Thicknessing). Mesin ini juga biasanya digunakan untuk pekerjaan diluar workshop karena mudah dibawa-bawa dan dapat melakukan penyerutan kasar dengan cepat.

Butuh pengalaman jika menggunakan mesin ini, karena tidak mudah digunakan, khususnya untuk papan dan material yang lebar lainnya. Saat ini ada dua jenis pisau untuk mesin ini, yang pertama adalah mata pisau bilah (HSS) yang bisa diasah ulang dan bentuknya lebar seperti pisau dan mata pisau bolak-balik berbentuk panjang seperti kawat, pisau ini tidak dapat diasah tapi bisa dibalik jika satu sisinya sudah tumpul. Ada beberapa mesin serut yang sudah mendukung kedua jenis pisau tersebut, namun biasanya membutuhkan aksesoris tambahan.


Ketiga mesin diatas adalah mesin yang biasa kita gunakan untuk menyerut kayu, masing-masing adalah mesin yang berbeda, tapi sekarang sudah banyak mesin gabungan (combo) yang menggabungkan mesin Jointer dengan Mesin Thicknesser dalam satu mesin misalnya merk Aldo.


Topik: perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan