Perkakas Kayu Untuk Pemula Yang Hobi Kayu

Perkakas Kayu Untuk Pemula Yang Hobi Kayu


Sebenernya ini sudah pernah saya bahas di video saya, cuma baru sekarang ini sempat saya tuliskan dalam bentuk artikel.


Saya sering dapat pertanyaan dari temen-temen HobiKayu mengenai perkakas apa aja sih yang mesti dibeli buat pemula yang baru memulai hobi di perkayuan. Sebenernya sih jawabannya itu tergantung, tergantung karya yang akan dibuat, dana, dan bahan apa yang akan sering digunakan. Ini saya coba tulis beberapa alat atau perkakas umum yang dibutuhkan, berdasarkan pengalaman saya.


Alat Ukur

Mungkin ini yang pertama dan palung utama ya, repot kalau kita tidak punya alat ukur, ya minimal punya satu meteran atau penggaris. Mungkin nanti bisa dilengkapi dengan penggaris siku (Speed Square), jangka, dll.


Alat Potong (Dipegang)

Ini penting, karena tanpa gergaji, susah untuk menyiapkan kayu. Alat potong ini bisa gergaji manual, bisa Jigsaw atau Circular Saw. Sebelum membeli mesin gergaji tangan, diperhatikan bahan atau kayu apa yang akan sering digunakan dan jenis karyanya. Untuk kayu-kayu lunak atau karya-karya yang dinamis, saya sarankan sediakan Jigsaw terlebih dahulu, baru berikutnya Circular Saw. Atau bisa langsung beli Circular Saw kalau mau coba membuat Table Saw sendiri.


Clamp / Catok

Setelah bahan dipotong dan disiapkan, selanjutnya perakitan, catok ini sangat membantu dalam proses ini. Ada banyak jenis catok yang ada, mungkin temen-temen bisa cek video saya yang khusus tentang catok. Saya sarankan pertama beli F-Clamp, lalu C-Clamp, baru nanti dilengkapi dengan Belt Clamp, Bar Clamp atau Pipe Clamp.


Bor

Penting. Saran saya beli dulu yang pakai kabel, mungkin ini bukan alat khusus kayu, tapi kalau menurut saya, bor kabel itu salah satu alat yang harus ada dirumah. Setelah punya bor kabel, baru dilengkapi dengan bor batere (Cordless Drill) dan jika bisa dilengkapi juga dengan oben batere (Impact Driver).


Mesin Amplas

Finishing yang baik itu dimulai dari pengamplasan yang baik dan benar. Mesin amplas mungkin buat saya, mesin yang paling sering digunakan dan jam terbangnya mungkin yang paling tinggi. Saya sarankan pertama beli mesin amplas yang bentuknya kotak persegi panjang, setelah itu baru bisa dilengkapi lagi dengan mesin amplas yang bulat.


Mesin Serut

Jika temen-temen sudah mulai bermain dengan kayu-kayu solid yang masih kasar, mesin serut (Power Planer) sangat dibutuhkan. Sebenarnya kalau temen-temen mau langsung beli Jointer dan Planer, mesin serut tangan ini tidak usah, karena pasti jarang sekali dipakai.


Mesin Gergaji (Table Saw, Scroll Saw)

Terakhir itu mesin potong atau mesin gergaji khusus, nah ini juga tergantung dari jenis karya yang akan dibuat. Table Saw mungkin mesin potong yang umum, dan menurut saya mesin paling penting buat saya. Tapi jika temen-teman lebih suka karya-karya yang kecil seperti kerajinan, bikin minatur, huruf atau nomor rumah, Scroll Saw lebih cocok.


Sebenarnya sih tidak ada patokan atau aturan mengenai alat apa yang harus dimiliki, mana yang mesti dibeli duluan, semua balik lagi tergantung dengan kebutuhan temen-temen. Saran saya, jangan terlalu fokus mengkoleksi mesin kayu, karena alat-alat manual lainnya juga kadang diperlukan, seperti serut/pasah manual, pahat, kunci-kunci, obeng, tang, dll. Dan jangan mudah tergoda untuk membeli perkakas, karena jika kita kreatif, beberapa perkakas dan alat bantu bisa kita buat sendiri. Mungkin kalau berbicara perkakas, tidak akan ada habisnya, yang jelas sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.


Topik: perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan