Review Circular Saw Stanley, Krisbow & RYU

Review Circular Saw Stanley, Krisbow & RYU


Dapet kesempatan buat review 3 mesin gergaji Circular Saw dari Stanley, Krisbow dan RYU.

Secara keseluruhan, ketiga mesin ini tidak jauh berbeda, baik dari fungsi dan fiturnya, tapi akan saya coba ulas apa yang saya suka dan yang saya kurang suka dari ketiga mesin gergaji sirkular ini. Semua mesin ini juga menggunakan mata pisau dengan diamter yang sama, yaitu 185mm, atau 7 1/4 inci.


Stanley STEL311

Harga: Rp. 800 - 1jt
Daya: 1.510 watt

Tidak ada yang special menurut saya. Tidak ada yang special dalam artian, semua standar dan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Build Quality OK, stabil saat digunakan, enak dipegang, dan mesin yang cukup bandel. Jika dibandingan dari segi kualitas, mungkin mesin Stanley ini paling diatas diantara ketiganya, dan dengan garansi 2 tahun, memberikan keunggulan tersendiri. Stanley STEL311 ini saya rasa cocok untuk produksi sehari-hari.


Krisbow KW0700336

Harga: Rp. 1 - 1,2jt
Daya: 1.200 watt (Lama), 1.500 watt (Baru)

Mesin Circular Saw Krisbow saya ini merupakan generasi pertama, ini bisa dilihat dari warnanya yang perpaduan hitam dan oranye, yang ada di pasaran sekarang mungkin sudah generasi berikutnya, dengan perpaduan warna biru dan hitam. Secara fitur tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua generasi tersebut.

Dulu saya memutuskan membeli mesin ini karena cuma ini yang ada di pasaran dan dengan harga yang terjangkau yang memiliki fitur "Riving Knife", karena memang saya rencanakan untuk membuat Table Saw. Jadi saya pilih Krisbow ini bukan kerena saya suka, tapi karena adanya cuma ini dan budgetnya hanya cukup buat mesin ini.

Memang secara fitur, mesin Krisbow ini paling lengkap diantara ketiganya, selain Rivinf Knife ada juga Laser untuk membantu pemotongan lurus, tapi semenjak beli sampai sekarang, fitur ini belum pernah saya gunakan, saya lebih percaya "Track Guide" dibandingkan lasernya.

Tidak ada keluhan yang berarti selama pemakaian selama ini, hanya mungkin bebannya yang lebih berat dibandingkan dengan yang Stanley dan RYU. Saya sangat suka dengan plat bagian bawah mesin ini, tebal dan kelihatan kokoh. Mekanisme pisau turun naik dan miring cukup mudah dan cukup stabil pada saat digunakan.


RYU RCS 185

Harga: Rp. 600 - 700rb
Daya: 1.200 watt

Ini mesin Circular Saw kedua saya, saya pilih RYU RCS 185 karena harganya yang tidak terlalu mahal, dan lebih ringan dibandingkan kedua mesin diatas. Secara fitur, mesin ini tidak lebih lengkap dari kedua mesin diatas. Tidak banyak yang dapat dibahas tentang mesin ini, yang jelas, mesin ini sesuai dengan fungsinya, dan sampai saat ini saya belum ada keluhan.


Kesimpulannya,... balik lagi ke kebutuhan kita. Stanley dengan mesinnya yang bandel, cocok buat yang punya usaha atau untuk produksi. Krisbow sangat cocok jika kita ingin membuat Table Saw, dan RYU cocok untuk kebutuhan hobi dirumah, dengan daya yang kecil, ringan dan harga yang terjangkau. Agak sulit memang menentukan pilihan, yang jelas, semua susaikan dengan kebutuhan dan dananya. Saya pribadi, saya suka dengan ketiga mesin diatas, tapi jika harus memilih, saya akan pilih Stanley dulu, baru RYU dan terakhir Krisbow (karena saya sudah punya table saw ^_^).


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan