Review Mesin Amplas Bosch GSS 2300 & RYU ROS 13-1 A

Review Mesin Amplas Bosch GSS 2300 & RYU ROS 13-1 A


Mengulas 2 mesin amplas persegi (Orbital Sheet Sander) saya, Bosch GSS 2300 & RYU ROS 13-1 A.

Tidak akan banyak yang akan diulas dalam review ini, karena memang tidak banyak fitur di kedua mesin amplas ini. Saya hanya akan share pengalaman saya menggunakan kedua mesin ini.


Bosch GSS 2300

Harga: Rp. 600 - 750rb

Nyaman, stabil, tidak banyak getaran dan tidak terlalu berisik. Selama ini puas, tidak ada keluhan yang berarti, kecuali pengunci/penjepit kertas amplasnya yang merepotkan, keras dan agak susah untuk dibuka. Kekurangan dari segi fitur mungkin hanya pengontrol kecepatan dan mekanisme penjepitnya. Bosch GSS 2300 menurut saya adalah "The Best Value" untuk mesin amplas yang ada saat ini (Agustus 2017).


RYU ROS 13-1 A

Harga: Rp. 300 - 400rb

Dari pengalaman saya menggunakan mesin ini, mungkin tidak jauh seperti Bosch diatas. Hanya saja,... dibawahnya. Cukup nyaman digunakan, tapi tak senyaman Bosch, stabil tapi lebih bergetar dibandingkan dengan yang Bosch. Secara keseluruhan, RYU ROS 13-1 A sangat "worthed", saya sendiri merekomendasikan mesin ini buat yang mau beli mesin amplas dengan dana sekitar 400 ribuan. Dengan harga yang hampir setengah Bosch GSS 2300, kita mendapatkan "feel" yang hampir sama.


Kesimpulannya,... Ada harga ada kualitas, begitu kata orang. Kadang iya kadang juga tidak. Bosch GSS 2300 mungkin cocok untuk produksi dan beban kerja yang tinggi. RYU ROS 13-1 A mungkin lebih cocok buat dirumah atau buat para penghobi atau untuk produksi yang santai. Saya tidak bisa menjamin atau menjawab mana yang lebih tahan lama, karena yang namanya mesin, semua tergantung pemakaian dan beban kerja. Balik lagi ke pilihan kita masing-masing, sesuaikan dengan kebutuhan dan dananya. Semoga memberikan informasi dan semoga ulasan ini bermanfaat. ^_^


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan