Review Mesin Amplas Bulat (Random Orbital Disc Sander)

Review Mesin Amplas Bulat (Random Orbital Disc Sander)


Kali ini saya akan coba review atau mengulas 4 mesin amplas bulat atau Random Orbital Disc Sander dari Maktec, Metabo, Bosch dan Dewalt.
 

Tidak banyak memang merk perkakas yang mengeluarkan mesin amplas bulat, mungkin karena beberapa belum tau dan paham atau karena harganya yang lumayan cukup mahal. Berikut ulasan saya untuk produk mesin amplas bulat yang ada dipasaran (2017).


Maktec MT924

Maktec MT924 adalah mesin amplas bulat pertama saya. Dulu saya beli sekitar pertengahan tahun 2016 dengan harga Rp. 800.000-an. Saya memilih mesin amplas ini memang karena pada saat itu tidak banyak pilihan lain, yang ada hanya Bosch dan Metabo yang harganya diatas 1 juta.

Tidak banyak kelebihan pada Maktec MT924 ini, tapi secara fungsi, mesin ini cukup dan sesuai dengan fungsinya. Disamping belum ada fitur pengatur kecepatan (Variable Speed), mesin ini juga belum ada mekanisme pengunci pada kantong debu, alhasil, kantong debu sering sekali copot pada saat pemakaian.

Saat ini (2017), kondisi mesin masih ok, hanya saja sepertinya membutuhkan penggantian bearing dan lapisan velcro-nya, karena suaranya sudah mulai kasar dan velcro tidak lagi "menggigit" kertas amplas dengan baik.


Dewalt DWE6423

Mungkin saat ini Dewalt DWE6423 bisa dibilang mesin yang "value for money", karena dengan harga yang tidak jauh beda dengan Maktec MT924 (sekitar Rp. 850.000-an), tapi dengan fitur yang lebih banyak. Disamping sudah memiliki pengatur kecepatan, mesin ini juga sudah menggunakan pengunci pada kantong debunya, sehingga kantong debu tidak copot pada saat penggunaan, tapi sayangnya belum ada sistem penyaringan udara pada kantong debunya.

Disamping fitur yang lebih lengkap, Dewalt DWE6423 juga lebih ergonomis dan lebih stabil dibandingkan dengan Maktec MT924, tidak terlalu banyak getaran dan nyaman pada saat penggunaan, ini berkat lapisan karet yang ada di atas mesin.


Metabo FSX 200 Intec

Mungkin beberapa dari teman-teman ada yang belum tau merk ini, karena memang jarang sekali ulasan-ulasan tentang Metabo yang ada di Indonesia. Sama seperti Maktec diatas, Metabo FSX 200 Intec ini tidak memiliki banyak fitur, tidak ada pengatur kecepatan, tapi sudah memiliki kantung debu dan penyaringan yang bagus.

Dengan harga diatas Rp. 1,1 juta, Metabo FSX 200 Intec memang cukup mahal, tidak sebanding dengan fitur yang ada, tapi mesin ini memberikan kenyamanan pada saat penggunaan, stabil dan tidak terlalu banyak getaran. Dan dengan harga tersebut, kita mendapatkan kotak penyimpanan yang ok.

Satu hal yang saya sayangkan pada Metabo FSX 200 Intec ini adalah "build quality"-nya, sepertinya Metabo sudah menurukan standar kualitas pada mesinnya, hal ini bisa saya lihat pada hasil akhir yang sepertinya tidak di kontrol dengan baik, ada bagian yang tidak rata, celah yang tidak seimbang dan material yang tidak cocok untuk sekelas Metabo.


Bosch GEX 125-1 A/AE

Ini adalah mesin penerus dari Bosch seri GEX 125, Bosch GEX 125-1 A/AE ini sudah dilengkapi dengan fitur pengatur kecepatan. Hal yang unik dari mesin ini adalah lapisan velcronya, karena tidak seperti mesin-mesin lainnya, lapisan veclro pada mesin ini sekilas seperti lubang penghisap yang ada di tentakel cumi-cumi atau gurita.

Permasalahan utama mesin amplas dengan velcro adalah, dengan seiring waktu, gigi pada velcro akan habis atau hilang cengkramannya, hal ini bisa disebabkan karena kualitas mesin itu sendiri atau pemakaian yang kadang ditekan secara paksa. Saya belum tau kualitas velcro pada mesin Bosch GEX 125-1 A/AE ini karena belum lama saya gunakan, kita lihat saja nanti, mungkin dengan tanpa gigi ini, cengkramannya akan lebih awet.

Untuk harga, mesin ini lebih mahal sedikit dari Metabo FSX 200 Intec, sekitar Rp. 1,2 - 1,3 jutaan, tapi memberikan fitur yang lebih dibandingkan Metabo. Namun, jika saya bandingkan keduanya, Metabo lebih nyaman dan lebih stabil buat saya, mungkin karena tangan saya yang kecil atau memang Bosch GEX 125-1 A/AE lebih banyak getaran dibandingkan dengan Metabo FSX 200 Intec.

Jika dilihat dari "build quality", Bosch GEX 125-1 A/AE memiliki skor tertinggi dibandingkan ketiga mesin diatas, mungkin memang benar kata orang, jika berbicara tentang "build quality", Bosch sudah tidak diragukan lagi.


Ok, itu saya yang bisa saya ulas untuk saat ini dari 4 mesin amplas bulat yang saya coba. Jika harus memilih, pilihan saya jatuh pada Dewalt DWE6423, karena fitur yang sudah cukup lengkap dan harga yang sesuai. Tapi, semua balik lagi kepilihan teman-teman, karena hidup ini penuh dengan pilihan. Selamat berkarya! ^_^


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan