Review Miter Saw Skil 3120 & Krisbow KW0701004

Review Miter Saw Skil 3120 & Krisbow KW0701004


Dapet pinjeman Sliding Miter Saw Krisbow KW0701004 dari mas Yunas di Jogja, saya akan coba review barengan dengan Miter Saw saya yang Skil 3120.

Skil 3120 Miter Saw

Sebenernya sudah lama dan banyak yang minta saya review Miter Saw ini, cuma belum sempat. Dulu saya beli Skill 3120 ini di harga 1,9jt, itu harga setelah diskon dan voucher. Mungkin sekarang sudah nggak bisa dicari ini mesin, karena sudah tidak diproduksi lagi mungkin, apalagi setelah Bosch menjual Skil ke perusahaan Cina. Selama saya pakai, mesin ini tidak mengecewakan, presisi dan akurasi ok, build quality bagus, yang jelas tidak ada keluhan, dan sampai sekarang saya belum menemukan apa yang saya tidak suka dari mesin ini.

Kenapa saya tidak beli yang sliding? Saya sering dapet pertanyaa ini, dan jawabannya karena saya sudah punya Table Saw. Kelau menurut saya, semua pemotongan yang bisa dilakukan Miter Saw, dapat dilakukan di Table Saw, makanya saya beli yang biasa dan hanya sebagai pelengkap, misal saya butuh potong balok panjang atau motong berulang-ulang, saya gunakan Miter Saw.


Krisbow KW0701004 Sliding Miter Saw

Untuk Krisbow, karena sudah sliding, kapasitas potongnya bisa lebih lebar, 2x dari Miter Saw Biasa. Secara keseluruhan, mesin ini cukup ok, apalagi dengan harga di kisaran 2 jutaan untuk Sliding Miter Saw, mesin ini mungkin the best value for money untuk saat ini (Juni 2017).

Ada beberapa yang saya kurang suka dari mesin ini, pertama tidak seimbang, jadi pada saat memotong, bagian belakang suka terangkat, jadi mesti di baud/sekrup di meja. Yang kedua, tidak ada penggaris di fence. Lalu yang ketiga, penunjuk sudut tidak berada di tengah, dan terakhir, pisau nempel ke insert pada saat pisau diturunkan.

Ada beberapa Sliding Miter Saw yang sekelas dengan Krisbow KW0701004 ini, antara lain punya WiPro dan Aldo, tapi jika saya harus memilih, saya akan pilih yang Krisbow dibandingkan dengan Aldo dan WiPro, alasannya karena layanan purna jualnya, perusahaannya jelas dan layanan servisnya dekat dengan rumah saya ^_^.


Dari segi kelengkapan dan fitur, keduanya memiliki kelengkapan yang sama, dan standar seperti Miter Saw lainnya, bedanya hanya yang Krisbow sudah sliding dan sudah ada lasernya. Kualitas keseluruhan juga sepertinya tidak terlalu jauh berbeda. Untuk saat ini, jika saya ditanya Miter Saw apa yang murah dan layak? Saya akan jawab Kriwbow, untuk saat ini.

Terakhir, mungkin pertanyaannya sekarang adalah bagaimana nasib Skil di Indonesia? Bagaimana dengan layanan purna jualnya? Servisnya? Spare Partnya? Memang sangat disayangkan sekali kenapa Bosch menjual Skil ke perusahaan Cina. Ok, semoga tulisan ini membantu dan memberikan informasi buat temen-temen HobiKayu, jangan lupa untuk terus berkarya dan... sampai jumpa.


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan