Tanya Jawab - #1 - HobiKayu Untuk Pemula

Tanya Jawab - #1 - HobiKayu Untuk Pemula


Tanya jawab HobiKayu dari beberapa pertanyaan yang saya terima di Youtube maupun di Facebook.


Halo,... semenjak video pertama di youtube dan pembuatan group HobiKayu di FB, saya banyak menerima tanggapan dan pertanyaan dari teman-teman yang hobi perkayuan baik di Youtube maupun di FB. Beberapa pertanyaan sudah saya jawab dan ada saran bagaimana kalau pertanyaan-pertanyaan di tampilkan di web.

Karena menurut saya itu ide bagus, jadi kali ini saya akan share pertanyaan-pertanyaan dan saran yang sudah saya terima. Daftar pertanyaan ini saya urutkan dari yang paling sering ditanyakan.


Tanya (T): Mas boleh kenalan, namanya siapa ya?
Jawab (J): Doneeh :v


(T): Tinggal di kota mana kang?
(J): Saya di Jogja mas, kota pelajar.


(T): Mesin serut meja itu merknya apa ya? Harga berapa? Beli dimana? (video rak sepatu)
(J): Itu mesin thicknesser merk Aldo, harga kalo gak salah 7jt dibelikan teman di Semarang jadi tepatnya beli ditoko apa saya tidak tau.

(T): Mesin meja sirkularnya (Table Saw) itu ukuran berapa ya pisaunya? Harganya berapaan? Beli dimana?
(J): Table Saw saya merk Wipro, ukuran pisau 10", Harganya seinget saya dulu 4jtan, saya beli di Glodok, sekarang sudah banyak kok itu di toko online, coba cek tokopedia.


(T): Saya baru mulai hobi kayu nih mas, alat apa yang mesti saya cicil duluan?
(J): Relatif sih. Sebenernya alat itukan alat bantu, jadi masnya mau dibantu apa dulu, jadi soal alat, tergantung apa yang sering kita buat atau yang bakalan sering kita pakai. Misal kita banyak mengerjakan triplek, jigsaw dan circular saw bisa jadi alat pertama buat mempermudah pemotongan, jika ada budget tambahan table saw, drill press (bor duduk/meja) dan bandsaw lebih bagus. Jika sudah bermain kayu keras atau kayu solid, butuh tambahan mesin-mesin yang kelas berat seperti jointer dan thicknesser, karena di kalau kita beli kayu keras itu tidak sempurna siku, rata dan lurusnya. Karena perkakas tidak murah, jadi mesti yakin dulu kita butuh alat itu, daripada buang-buang duit mending digunakan untuk perkakas-perkakas bantu non-mesin lainnya seperti clamp, penggaris dan perkakas tangan lainnya. Gak harus alat lengkap kok buat mulai hobi kayu, dulu pertama saya hanya punya bor listrik dan jigsaw. Kalo punya waktu, beberapa alat bisa dibikin sendiri kok, table saw bisa dibuat sendiri sementara dari cricular saw, dll, cari ajah di Youtube, banyak video tutorial pembuatan perkakas kayu.


(T): Mas biasanya finishing kayu pake cat apa?
(J): Macem-macem, saya suka coba-coba merk dan jenis finishing. Favorit saya Polyurethane yang satin/dof bahan dasar minyak, kadang-kadang juga pake yang air. Trus sering juga pakai Impra yang bahan dasar air. Untuk cat kayu (enamel), saya jarang pakai, ribet, paling saya kasih NoDrop ajah. Kalau untuk staining (pewarnaan) saya biasa pake Impra juga tapi yang berbahan dasar minyak.

Saran (S): Upload plan projectnya dong mas di web
(J): Iyah maunya begitu nanti, temen-temen juga nanti bisa upload karya dan plan di web, tapi belum sempet ngerjain webnya >.<


Kalau nanti sempet, saya bikin video khusus buat pertanyaan-pertanyaan dari temen-temen. Terima kasih buat temen-temen yang sudah subscribe HobiKayu di Youtube dan FB, dan temen-temen yang sudah memberikan saran dan kritiknya. Buat yang masih malu-malu memamerkan karyanya, hayu atuh... kita bikin komunitas hobi kayu Indonesia ^_^.

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan