Tips Memilih Mesin Gergaji Jigsaw

Tips Memilih Mesin Gergaji Jigsaw


Ada banyak merk dan model mesin Jigsaw, mulai dari yang cukup murah sampai yang mahal banget, ini saya ada tips dalam memilih Jigsaw.


Langsung saja, ini sekedar tips singkat dan sederhana dari saya buat temen-temen yang mau membeli mesin Jigsaw, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.


1. Mata Pisau

Ada beberapa macam atau jenis mata pisau untuk Jigsaw, yang paling umum itu T-Shank. Selain T-Shank ada juga U-Shank dan B-Type atau biasa dipakai mesin-mesin Jigsaw Makita yang lama. Beberapa mesin Jigsaw sudah ada yang universal seperti Black+Decker KS600E, artinya bisa menggunakan mata pisau tipe T atau U. Jadi pastikan Jigsaw yang akan dibeli bisa masuk mata pisau T.


2. Variable Speed

Variable Speed atau pengatur kecepatan biasanya sudah tersedia di mesin-mesin Jigsaw, tapi yang perlu diperhatikan adalah mekanisme pengaturannya. Ada 2 jenis pengaturan kecepatan, yang pertama yang menggunakan tombol putar pengatur kecepatan, biasanya ditandai dengan angka kecepatan, dan pengatur kecepatan dari saklar. Pengaturan kecepatan dari saklar itu berarti kecepatan ditentukan oleh seberapa keras kita menekan tombool saklarnya. Nah saya sarankan temen-temen cari JIgsaw yang sudah ada pengaturan kecepatan dengan tombol putar.


3. Orbital / Pendulum

Beberapa mesin Jigsaw sekarang sudah ada fitur Orbital atau aksi pendulum, dengan fitur ini, mata pisau bisa diatur tingkat agresifnya, dan jika diaktifkan, maka mata pisau tidak hanya bergerak naik turun, tapi juga ada hentakan kedepan yang membuat pemotongan menjadi lebih cepat, tapi resikonya tidak akan rapi dan lurus. Biasanya kita mengunakan fungsi ini jika ingin memotong kayu kasar. Tombol pengaturnya biasanya ada di sisi badan mesin, jadi perhatikan pada saat memilih Jigsaw, fitur ini sangat membantu.


4. Fitur Tambahan

  1. Lampu LED akan sangat membantu.
  2. Keyless (Penggantian mata pisau tanpa obeng/kunci seperti Stanley STEL345 atau Dewalt DW349R).
  3. Jigsaw yang bisa meniup debu menjauh dari mata pisau pada saat pemotongan.

Oke itu saja tips dari saya, selain yang diatas, faktor-faktor umum lainnya juga perlu diperhatikan, seperti layanan purna jual, servis, suku cadang, kenyamanan pada saat digunakan dan kebutuhan listrik. Seperti biasa, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, semoga membantu dan memberikan informasi buat temen-temen, jangan lupa untuk terus berkarya dan... sampai jumpa.


Topik: tips, perkakas, ...

 

 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan