Kode Penamaan Model Power Tools

Kode Penamaan Model Power Tools


 
Beberapa waktu lalu ada yang tanya, bedanya apa Stanley SBI201 dengan SBI201D2K.

Kadang memang agak membingungkan, beberapa perkakas punya nama yang berbeda, suka ada embel-embel dibelakangnya. Biasanya ini untuk merk-merk menengah keatas dan biasanya juga untuk produk-produk baterai atau cordless.

Untuk Stanley, misal tadi SBI201D2K, SBI201 adalah tipe atau model unitnya saja, sedangkan tambahan D2K dibelakangnya adalah kode paketan. Biasanya tiap area atau regional punya paketan sendiri, beda kode paketan, beda isi atau kontenya. SBI201D2K, untuk di Indonesia, berarti dalam paketan kita dapat 1 unit SBI201, 2 buah baterai, 1 charger dan kopernya.

Bukan hanya Stanley, merk-merk besar lainpun seperti itu, apalagi untuk merk-merk yang diluar menjual produk unit only atau bare tool.

Makita DHP453 adalah kode model untuk bor 18V, untuk paketannya di Indonesia, ada DHP453Z yang artinya kalau kita beli paketan dengan kode Z, yang kita dapatkan hanya unitnya saja, tanpa baterai dan tanpa charger. Sedangkan untuk paketan lainnya ada DHP453 SFX8, yang isinya 1 unit Makita DHP453, 1 buah baterai dan charger standar.

Lalu di Makita juga ada RME, RTE, RFE, dimana:
RME: 1x Rapid Charger, 2x 4.0Ah Battery
RTE: 1x Rapid Charger, 2x 5.0Ah Battery
RFE: 1x Rapid Charger, 2x 3.0Ah Battery

Tiap merk punya kode dan penamaan sendiri, dan memang infonya tidak dikenalankan atau disosialisasikan oleh merk-merk yang ada di Indonesia, maleskah?


Topik: artikel, perkakas, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka