Mengenal Gergaji Jepang - Ryoba, Kataba & Dozuki

Mengenal Gergaji Jepang - Ryoba, Kataba & Dozuki


 

Pengenalan singkat tentang gergaji kayu dari jepang, Ryoba, Kataba dan Dozuki.


Ada banyak jenis dan penamaan untuk gergaji kayu dari jepang ini, tergantung peruntukan dan bentuknya. Berbeda dengan Indonesia, gergaji Jepang punya banyak jenis. Bentuknya juga khas, berbeda dengan gergaji-gergaji kayu yang biasa kita temui (western). Cara pakai atau penggunaannya juga berbeda, untuk mekanisme pemotongannya itu ditarik, makanya biasa disebut juga pull-saw, berbeda dengan gergaji yang ada di Indonesia yang penggunaannya di dorong. Yang paling umum digunakan ada 3 jenis, Ryoba, Kataba dan Dozuki, ini adalah jenisnya bukan merk.


Ryoba

Ryoba memiliki 2 sisi mata, dimana satu sisi untuk belah (rip-cut) dan resaw dengan mata besar dan jarang-jarang dan sisi satunya untuk potong (cross-cut). Ini mungkin yang paling umum saat ini.


Kataba

Gergaji paling enak untuk potong (cross-cut). Bentuknya standar, mata hanya ada di satu sisi. Kataba juga bisa digunakan untuk pembuatan sambungan tenon. Beberapa merk seperti Takagi juga mengeluarkan Kataba kombinasi, dimana matanya disusun berbeda dan bisa digunakan untuk belah dan potong.


Dozuki

Mirip seperti Kataba bentuknya, tapi ada tulangan/spline di sisi yang tumpul. Dozuki lebih tipis dibandingkan dengan Kataba, dan diperuntukan untuk pembuatan sambungan yang detail seperti box joint atau dovetail. Tulang atas menjaga gergaji agar tetap lurus, sehingga memungkinkan potongan lebih presisi.


Masing-masing gergaji diatas punya ukuran, ukuran panjang dan mata. Misal Dozuki 240, Kataba 255, dll. Dan merknya juga bermacam-macam. Yang paling umum atau yang paling banyak dipasaran (Indonesia), ada merk Gyokucho atau Razorsaw, Life Saw, Takagi atau Shark-Saw dan Z-Saw. Saya sudah coba merk-merk itu dan semuanya tidak mengecewakan.

Gergaji Jepang memang ok, dan tahan lama, tapi susah untuk diasah. Biasanya kalau sudah cacat atau tumpul, kita tinggal beli mata isi ulangnya (refill), dan ini juga sekarang sudah banyak yang jual. Buat pemula, gergaji ini cukup mudah untuk digunakan, dan cocok buat yang mau atau sedang belajar. Gergaji Jepang asli memang cukup mahal, satu jenis bisa 300rb keatas. Sekarang banyak beredar gergaji model gergaji Jepang tapi buatan Cina, saya tidak menyarankan ini, tajamnya beda dan rasanya juga beda. Daripada beli yang KW mending beli gergaji biasa, Bahco atau yang lain.


Topik: artikel, perkakas, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka

HobiKayu.com menggunakan cookie. Dengan menggunakan website ini, anda setuju dengan Kebijakan Privasi hobikayu.com.

Setuju