Mengenal Jenis-Jenis Mata Router & Trimmer

Mengenal Jenis-Jenis Mata Router & Trimmer


 

Ada banyak sekali jenis dan bentuk mata untuk Router dan Trimmer, di artikel ini kita akan bahas jenis mata yang paling umum yang sering digunakan.


Jenis dan nama dalam artikel ini menggunakan nama-nama internasional, saya sendiri kurang begitu paham nama atau istilah yang digunakan di Indonesia, dan sepertinya setiap daerah juga punya nama-nama yang berbeda. Jika teman-teman ke toko, untuk lebih aman, siapkan gambar atau fotonya biar lebih mudah.


Mata Router (untuk mesin Router) dan mata Trimmer (untuk mesin Trimmer) memang mirip, dan sama, tapi ada beberapa mata yang khusus ditujukan untuk Router, untuk keamanan. Untuk Router, ada yang khusus untuk Router meja dan Plunge Router (yang dipegang). Mata Router dan Trimmer semuanya bisa dipasang di Router Meja.


Ada 2 ukuran shank (as mata) yang umum, 1/4-in dan 1/2-in. Trimmer biasanya memiliki ukuran collet/chuck 1/4-in atau 6,35mm, bukan 6mm, jadi jangan sampai salah pada saat membeli. Untuk mesin Router, ada yang 1/4-in dan ada yang 1/2-in atau 12,7mm, bukan 12mm, sekali lagi, ini yang paling umum.

Jenis mata Router dibagi menjadi beberapa kategori, berikut daftar beberapa jenis mata Router dan Trimmer yang biasa digunakan.


A. Common / Umum


Straight Bit

Bentuknya lurus, biasa digunakan untuk membuat groove, dado atau rabbet. Ukuran lebar dan panjangnya macam-macam. Bisa digunakan untuk mesin Trimmer dan Router.


Flush Trim Bit

Mirip seperti Straight Bit, bedanya, ada bearing di atas, bawah atau atas dan bawah. Biasanya digunakan untuk memangkas/trimming, misal lapisan HPL. Biasa juga digunakan untuk duplikasi, misal untuk pembuatan body gitar dari mal/cetakan. Bisa digunakan untuk mesin Trimmer dan Router.


Round Nose

Mirip seperti Straigh Bit, hanya saka ujungnya tumpul setengah lingkaran. Bisa digunakan untuk mesin Trimmer dan Router.


T-Slot Bit

Sesuai dengan namanya, untuk membuat alur berbentuk T. Disarankan menggunakan mata Straight Bit terlebih dahulu.


V-Groove Bit

Sama juga, sesuai namanya, membentuk alur berbentuk V.


Horizontal Crown Bit

Sebenernya ini untuk molding, tapi kadang dipakai terpisah. Mirip seperti Cove Bit, bedanya mata ini tidak memiliki bearing. Bisa digunakan untuk membuat lubang cekung, misal untuk membuat lubang pada mainan tradisional Congklak. Tidak disarankan menggunakan Trimmer.


B. Profile / Edge Beading / Mata Profil


Chamfer Bit

Bentuknya miring/bevel. Tersedia bermaca-macam sudut kemiringan. Bisa digunakan untuk mesin Trimmer dan Router.


Low-Angle Bevel

Mirip seperti mata Chamfer, bedanya sudut kemiringannya lebih lebar, kadang digunakan untuk pembuatan raised-panel pintu kabinet. Untuk mata ini, tidak disarankan menggunakan Trimmer.


Cove Bit

Sama, ini juga mirip mata Chanfer, hanya saja bentuknya melengkung, tidak lurus. Bisa digunakan untuk mesin Trimmer dan mesin Router.


Round-Over Bit

Kebalikan dari Cove Bit, digunakan untuk membentuk lengkungan pada sisi kayu. Bisa digunakan untuk mesin Router dan Trimmer.

Ada 2 jenis untuk mata ini, ada yang ujung mata pisaunya sejajar dengan bearing, dan ada yang mata pisaunya lebih lebar dari bearingnya. Biasanya ini dipakai untuk membuat profil pintu, jendela dan kusen.


Bullnose Bit

Mirip dengan Round-Over, tapi untuk mata Bullnose, hasilnya setengah lingkaran, jadi seperti menggunakan mata Round-Over bolak-balik. Untuk menggunakan mata ini, tebal kayu dan ukuran matanya harus pas, Mata ini biasanya digunakan pada mesin Router.


Flute Bit

Kebalikan dari mata Bullnose, ini juga disarankan untuk mesin Router.


Roman Ogee

Ini mata Router yang paling banyak jenis dan bentuknya. Ciri khas mata Roman Ogee terlihat pada lekukannya, biasanya berbentuk huruf S. Bentuk dan ukurannya bermacam-macam, ada yang 1 tingkat, 2 tingkat, dst. Bisa digunakan untuk mesin Trimmer, tapi untuk ukuran besar, disarankan menggunakan Router.


Masih banyak jenis-jenis mata Router profil lainnya, masih ada Classic Roman Ogee, Thumbnail, French Table, dll, dan akan terlalu panjang jika ditulis semua, mungkin nanti kapan-kapan kita akan bahas atau saya akan tulis lagi lanjutannya.


C. Joinery / Sambungan


Dovetail Bit

Digunakan untuk membuat sambungan atau alur Dovetail atau ekor burung. Gunakan mata Straight Bit sebelum menggunakan mata ini, biar lebih gampang.


Tounge and Groove Bit

Ini mata satu set, biasanya isinya 2 mata, untuk membuat tounge atau lidah dan mata untuk membuat groove atau alur. Disarankan menggunakan Router meja untuk mata ini. Mata ini biasanya digunakan untuk membuat sambungan lantai kayu atau parket.


Finger Joint / Box Joint Bit

Mirip seperti Tounge & Groove, tapi dengan lebih banyak lidah dan alurnya. Digunakan untuk membuat sambungan kayu lurus atau pembuatan kotak. Ini juga disarankan menggunakan Router meja.


Ok, itu beberapa jenis mata Router dan Trimmer yang umum. Seperti yang saya tulis diatas, masih banyak jenis dan tipe yang lainnya, seperti mata untuk Raised Panel, Stile & Rails, Molding, Milling dll. Mungkin nanti saya akan buat sambungannya, kapan-kapan ^_^. Semoga bisa bermanfaat.


Topik: artikel, perkakas, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka