Power Tools Terbaik Versi HobiKayu (2020)

Power Tools Terbaik Versi HobiKayu (2020)


 

Mungkin ini pertanyaan yang paling sering saya dapat, Jigsaw terbaik? Bor terbaik? mesin apa yang paling bagus atau merk apa yang terbaik. Jawabannya sih tetep relatif.


OK, ini bukan tentang rekomendasi alat atau perkakas, ini hanya sharing aja mengenai pandangan saya dengan istilah "terbaik" untuk mesin atau perkakas perkayuan, dan kenapa saya selalu jawab pertanyaan-pertanyaan diatas dengan relatif.

Setiap orang punya definisi sendiri-sendiri, punya parameter sendiri-sendiri apa yang terbaik untuk dirinya. Terbaik harganya? Terbaik bentuknya? Terbaik nilai atau valuenya? Terbaik nyamannya? Terbaik powernya? Terbaik layanan purna jualnya? dll. Kebutuhan tiap orang juga berbeda-beda, kebutuhan untuk produksi, kebutuhan mesin yang heavy duty, atau hanya kebutuhan hobi dirumah. Kalau buat saya, perkakas terbaik adalah perkakas yang sesuai dengan kebutuhan atau beban kerja yang biasa saya lakukan lalu harganya dan fungsi yang sesuai dengan yang saya butuhkan. Dan untuk merk, tidak ada merk yang semua produknya itu lebih baik dari merk lain.

Sebagian besar perkakas yang saya beli, itu perkakas yang paling murah dikelasnya (dilihat dari fitur dan performa), beberapa mungkin ada yang mahal, tapi sepertinya hanya sedikit. Saya akan tulis aja, perkakas apa saja yang saya punya dan menurut saya terbaik, sekali lagi, ini bukan rekomendasi, dan ini hanya perkakas-perkakas yang pernah saya coba atau yang saya punya.


1. Jigsaw

Dewalt DW349R. Walau sekarang saya sudah tidak memiliki ini lagi, tapi ini buat saya Jigsaw terbaik buat saya. Power ok, fitur lengkap dan harga bisa dibilang menengah kebawah (800rb-an), bahkan sama dengan harga Stanley STEL345. Menurut saya, harga, power dan fiturnya pas. Saat ini saya masih menggunakan Jigsaw Stanley, dan cukup puas, feelnya ya mirip-mirip dengan Dewalt.


2. Circular Saw

Circular Saw (CS) terbaik, agak susah, karena saya punya beberapa CS dan beberapa saya suka. Kayaknya saya akan pilih CS Krisbow saya, tapi sayangnya mesin ini sudah tidak diproduksi lagi, jadi tidak bisa dibeli. Power ok banget, base plate dan besi-besi penopangnya kokoh dan besar, dan dulu harganya sekitar 1,5jt-an kurang kalau tidak salah. Sayang memang mesin ini sudah tidak masuk lagi, mungkin kalau secara power dan fitur, untuk saat ini, bisa tergantikan dengan DCA AMY-185, dan haganya DCA lebih murah, tapi ingat, DCA AMY-185 yang ada di pasaran ada 2 jenis, pilih yang ada lubang pembuangan debunya, harga kayaknya dikisaran 800rb-an. Untuk yang cordless, saya belum menemukan yang pas, atau terbaik, yang mahal dan enak dipakai banyak, ada AEG BKS18, ada Makita DHS660 dan Makita DHS680, tapi dari sisi harga masih mahal.


3. Corded Drill / Bor Kabel

Bosch GSB 13 RE menurut saya bor kabel terbaik yang pernah saya pakai. Ini bor menengah kalau dilihat dari powernya, dan saya suka, tidak terlalu berat, dan powernya pass, bisa untuk kayu, besi, tembok dan beton dan sudah ada fitur hammer. GSB 13 yang saya punya ini versi lama, keluaran lama, berbeda dengan yang versi terakhirnya. Kayaknya yang versi terakhir kurang bertenaga dibandingkan dengan yang lama, tapi paketannya lebih lengkap dan harganya lebih mahal. Seingat saya, dulu saya beli di harga 600-700rb-an, saat ini harganya sudah dikisaran 1jt-an.


4. Cordless Drill

Cordless Drill terbaik, Stanley SBH201 18V. Harganya pas, powernya ok, heavy duty, sudah brushless dan fiturnya lengkap. SBH201 ini bukan yang paling powerfull dan bukan yang paling murah yang saya punya, power masih dibawah AEG atau Ridgid GenX 5. Tapi secara keseluruhan, buat saya, ini bor baterai terbaik buat saya. Untuk harga kayaknya dikisaran 1,7jt-an. Untuk yang 12V atau 10.8V saya belum menemukan yang terbaik, karena kayaknya rata-rata sama saja, saya belum menemukan yang favorit.


5. Cordless Impact Driver

Impact Driver terbaik menurut saya Stanley SBI201 18V, pasangan dari bor diatas. Di artikel sebelumnya, tentang tools yang paling nyaman, disitu saya pilih Makita DTD149, karena memang kalau dari segi kenyamanan, saya lebih suka yang Makita, dan harganya juga tidak terlalu jauh beda. Dewalt DCF887 juga ok, dan harganya sekarang sudah turun. Dari power dan fitur, Dewalt DCF887 menang dari Stanley atau Makita DTD149, tapi kalau secara keseluruhan, buat saya yang hanya hobi, Stanley SBI201 menang. Sama seperti bor diatas, untuk yang 12V atau yang 10,8, saya belum menemukan mana yang terbaik buat saya. Yang saya punya, Makita TD110, Stanley SCI12 dan Dewalt DCF805 kerasa sama saja, mungkin kalau dari ketiga itu Makita menang secara value.


6. Mesin Amplas

Hmm... Mesin Amplas terbaik, secara umum, Dewalt DWE6423 (bulat). Harganya pas dengan fitur dan powernya. Dibawahnya ada Stanley SS30 untuk yang bulat. Yang kotak persegi panjang, Bosch GSS 2300. Untuk mesin amplas saya sarankan punya 2, biar tidak repot ganti-ganti kertas amplas, terus biar beban kerja mesinnya tidak terlalu berat, karena mesin amplas termasuk mesin yang menyala terus pada saat digunakan dan cepat panas. Yang bulan itu opsional, yang kotak persegi panjang kalau bisa temen-temen ada, karena nanti dibutuhkan untuk pengamplasan basah atau wet sanding.


7. Miter Saw

Secara keseluruhan, saya akan pilih RYU RMS180-1 sebagai Miter Saw terbaik, ini sudah sliding. Saya pilih ini karena saya sudah punya Table Saw jadi tidak butuh mata pisau yang besar. Secara fitur, fungsi dan harga semuanya pas. Kalau temen-temen susah mendapatkanya, bisa juga pilih kembarannya, NRT-PRO. Untuk Miter Saw 10" saya akan pilih Dewalt DW713, agak mahal memang, tapi sayangnya model ini sudah tidak masuk lagi ke Indonesia, yang sekarang ada di Indonesia itu Dewalt DW714, lebih murah tapi fitur dan performanya jauh dibawah DW713.


8. Table Saw

Sama seperti artikel sebelumnya, Table Saw terbaik menurut saya Dewalt DW7470 untuk saat ini (yang ada dipasaran), masih belum ada lawannya sepertinya, secara power dan fitur ada Bosch GTS 10J yang bisa menandingi, tapi harga jauh diatas Dewalt. Yang lebih mahal juga ada beberapa, ada Makita, ada Metabo, tapi secara keseluruhan, untuk saat ini, Dewalt DW7470 masih menang.


OK, kayak itu list perkakas terbaik versi saya, dari yang saya punya atau yang pernah saya punya. Untuk mesin-mesin lain seperti trimmer, router, planer, bandsaw, scroll saw, dll, saya belum menemukan yang terfavorit atau yang terbaik, karena belum banyak yang saya coba.

Sekali lagi, tiap orang beda-beda, kebutuhannya beda dan daya belinya juga beda-beda. Mungkin kalau saya, saya lebih mencari yang ternyaman daripada yang terbaik. Terbaik buat saya belum tentu terbaik buat temen-temen. Mahal bukan berarti terbaik, terbaik bukan berarti ternyaman juga. So,.. perkakas terbaik adalah perkakas yang sesuai.

Mungkin temen-temen bisa share, tools apa aja yang temen-temen suka atau mesin-mesin favorit temen-temen, bisa tulis dikomentar.


Topik: artikel, perkakas, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka

HobiKayu.com menggunakan cookie. Dengan menggunakan website ini, anda setuju dengan Kebijakan Privasi hobikayu.com.

Setuju