Power Tools Yang Enak Dan Nyaman Digunakan (2020)

Power Tools Yang Enak Dan Nyaman Digunakan (2020)


Beberapa waktu lalu saya dapet pertanyaan, power tools/perkakas mesin apa saja yang paling enak dan nyaman saya gunakan, saya disuruh pilih 1 model/produk per kategori.

Ini bukan rekomendasi, juga bukan tentang perkakas terbaik, tapi lebih ke kenyamanan saya menggunakan perkakas, yang paling enak dan nyaman, buat saya, dan tentunya perkakas-perkakas yang pernah saya gunakan dan tes.


Jigsaw

Makita 4351FCT, Jigsaw yang paling enak buat saya. Sebelum saya coba Makita seri ini, saya suka pakai Jigsaw Dewalt DW349R, Stanley STEL345 dan AEG BST18X (18V). Pengen banget coba Jigsaw Makita yang 4350FCT yang top handle, mungkin nanti kalau ada, saya akan ulas.


Sander / Mesin Amplas

Secara keseluruhan, saya paling suka pakai mesin amplas Dewalt DWE6423 (disc sander) yang bulat, nyaman dan pas ditangan saya dan tidak terlalu banyak getaran. Saya juga suka Metabo Intec FSX200 dan Bosch GEX 125- 1 AE. Kalau di pecah per kategori, untuk mesin amplas kotak persegi panjang, saya akan pilih Bosch GSS 2300. Saya belum sempet coba yang Makita yang katanya juga enak dipakai. Untuk Belt Sander yang enak buat saya juga dari Bosch, Bosch GBS 75 AE.


Circular Saw

Hmm,... ini agak susah milihnya, kayaknya saya akan pilih AEG BKS 18B (18V Brushless). Enak dan nyaman buat saya, posisi tangan dan dorong pas buat saya yang badannya kecil. Saya juga suka dengan Dewalt Flexvolt 54V, powernya mantap dan saya suka Makita DHS660Z karena compactnya. Untuk yang kabel kayaknya tidak terlalu banyak bedanya, saya suka Dewalt DWE561, saya juga suka Bosch GKS7000 dan saya suka pakai CS Krisbow saya yang lama. Untuk yang belum saya coba dan pengen banget saya coba, Makita DHS680.


Cordless Drill / Bor Baterai

Sebenernya sih saya akan pilih Ridgid R86116 (18V Hammer Drill), tapi karena tidak dijual di Indonesia, jadi pilihan jatuh ke Stanley SBH201. Kalau untuk power, Dewalt DCD796 (18V Hammer Drill) menang dibandingkan yang Stanley, tapi untuk kenyamanan, buat saya, lebih enak yang Stanley. Untuk yang 12V atau 10,8V kayaknya semua mirip-mirip dan saya belum menemukan yang paling enak, rata-rata sama dari segi kenyamanan.


Cordless Impact Driver

Ini juga agak sulit milihnya, antara Stanley SBI201 (18V), Dewalt DCF887 dan Makita DTD149 (18V). Makita DTD149 belum brushless, sedangkan Stanley dan Dewalt sudah. Untuk power yang Dewalt menang sedikit dan lebih banyak fiturnya. Kalau untuk kenyamanan kayaknya saya akan pilih Makita DTD149 karena grip atau pegangannya pas banget di tangan saya yang kecil. Untuk 12Vnya juga agak bingung, antara Makita TD110, Stanley SCI12 dan Dewalt DCF805, tapi kayaknya setelah lama pakai, saya akan pilih yang Dewalt DCF805.


Tabletop/Jobsite Table Saw

Kayaknya saya belum menemukan Table Saw senyaman dan seenak Dewalt DWE7470 untuk kelas Jobsite Table Saw. Saya sudah coba Bosch GTS10J, saya sudah coba Makita yang Flip, tapi buat saya lebih nyaman dan enak pakai yang Dewalt. Penasaran pengen coba yang Metabo TS254, tapi kayaknya jarang banget yang punya, jadi susah cari pinjamannya buat di tes.


Miter Saw

Kayaknya saya akan pilih Dewalt DW713 yang paling enak dan nyaman. Dewalt DWS780 terlalu besar buat saya kalau untuk Miter Saw, Bosch GCM 10 MX juga enak, sempet nyobain Makita LS1019L, enak, tapi belum saya tes secara menyeluruh. Untuk yang menengah, saya suka pakai RYU yang sliding karena compactnya.


Angle Grinder

Saya kurang pengalaman dengan mesin Gerinda, dan saya belum coba banyak. Dari yang saya sudah coba, rata-rata sama saja (untuk yang kabel). Saya sudah coba Ridgid yang cordless, terlalu besar pegangannya buat saya, saya juga sudah coba Dewalt 18V, enak, nyaman dibandingkan dengan yang Ridgid, tapi ukuran pisau lebih kecil. Karena belum banyak pembanding, jadi saya belum bisa memutuskan mana yang paling enak dan nyaman buat saya.


OK, itu dia mesin/perkakas umum yang sering digunakan yang paling enak dan nyaman saya gunakan. Sekali lagi, ini bukan rekomendasi atau daftar produk terbaik atau terbagus. Enak dan nyaman atau ergonomis, tiap orang beda-beda. Kalau dilihat memang daftarnya barang-barang mahal semua ya ^_^, tapi bener kata orang, ada harga ada rupa. Tapi yang selalu mesti kita ingat, untuk perkakas, sesuaikan dengan kebutuhan dan selalu sesuaikan dengan kemampuan.


Topik: artikel, perkakas, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Wong DIY • Tukang Rumahan