Review Bosch GKS 18V-57 Cordless Circular Saw

Review Bosch GKS 18V-57 Cordless Circular Saw

Spesifikasi >

 
HKRATING: 6/10

Fitur: 6/10
Performa: 7/10
Harga: 5/10
Value: 6/10

Plus: Ringan, nyaman, suara tidak terlalu bising.

Minus: Tenaga kerasa lemah, harga terlalu tinggi.


Lumayan mahal, dan sedikit underpowered.

Kali ini saya saya coba ulas mesin gergaji baterai Bosch GKS 18V-57 Circular Saw (CS). Voltase di 18V, ukuran mata pisau 165mm atau sekitar 6-1/2 inci. Harga di kisran 2,8jt-an untuk unit only, jadi tanpa baterai dan charger. Mahal, mahal untuk CS baterai 6-1/2 inci yang belum brushless dan putaran atau rpmnya kecil. Putaran tanpa beban, menurut spesifikasinya, 3.400 rpm. Made in China.

Untuk build quality, ok, standar Bosch, tidak diragukan untuk kualitas material dan finishingnya. Untuk base platenya lumayan tebal dan kokoh, yang saya coba ini lumayan flat tapi bentuknya masih seperti CS kabel. Fitur lain standar, standar cordless CS, safety switch dan auto brake. Besi penopang atau pengatur ketinggian ok, tidak mudah goyang, juga untuk kemiringan. Dalam paketan kita juga dapat konektor pembuangan debu, jadi kita bisa sambung ke vacuum atau dust collector.


Dengan mata pisau 165mm, maksimum potong atau kedalaman potong mesin ini bisa sampai 57mm untuk 90 derajat, dan 39mm di 45 derajat. Untuk lubang arbor atau drat, di 20mm, standar, jadi tidak terlalu sulit mencari mata pisaunya.

Kemarin saya coba-coba untuk potong dan belah plywood atau multiplek dan beberapa kayu pinus untuk project Bandsaw. Untuk pemotongan multiplek sih tidak terlalu bermasalah, ok ok aja, potong-potong pinus juga ok, kerasa berat kalau pas belah. Kalau yang saya rasakan sih sedikit underpowered, agak kurang tenaganya, mungkin ya karena rpmnya yang kecil, dibawah, kalau kita bandingkan dengan cordless CS AEG yang 6-1/2 inci (5.000 rpm).


Saya suka posisi pengunci ketinggian yang mudah dijangkau, saya suka ringannya, ergonomisnya dapet dan suaranya lumayan halus. Yang saya kurang suka, harga dan powernya. Untuk di harga 2,8jt-an, tool only atau unit only, mahal banget menurut saya, apalagi dengan spesifikasinya yang bisa dibilang menengah kebawah. Mungkin buat temen-temen yang memang sudah investasi di perkakas Bosch yang baterai dan sudah punya baterai dan chargernya, ini bisa jadi tambahan yang lumayan membantu, buat potong-potong kasar misalkan, sebelum ke Table Saw, itupun kalau memang dananya ada.

Secara keseluruhan, dari fungsi tidak ada masalah, tapi jauh sekali untuk mendapatkan titel value for money.


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, bosch, circular saw, cordless, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka