Review Dewalt DCS575 Flexvolt 54V Circular Saw

Review Dewalt DCS575 Flexvolt 54V Circular Saw

Spesifikasi >

 
HKRATING: 8/10

Fitur: 9/10
Performa: 9/10
Harga: 7/10
Value: 8/10

Plus: Powerfull

Minus: Berat (dengan baterai 9AH)


Berat, mahal, powerfull!!


2017 lalu saya pernah review mesin gergaji ini dalam bentuk video, tapi banyak yang bilang audionya kurang jelas, jadi saya tulis lagi dalam bentuk artikel. Ulasannya sih sama saja, tidak ada yang berubah, sampai saat ini (2020) ini mesin cordless circular saw (CS) yang paling powerfull yang pernah saya coba.


Dewalt DCS575 Flexvolt 54V Circular Saw, diliat dari spesifikasinya memang sudah kelihatan kalau mesin ini diatas mesin circular saw 18V, RPM tinggi di 5.800 RPM, daya keluaran setara dengan 1.600 watt. Ukuran mata pisau standar, 7-1/4 in atau 184mm dengan maksimum kapasitas potong sekitar 67mm untuk 90 derajat. Kemiringan atau bevel bisa sampai 57 derajat.

Harga, cukup mahal, dikisaran 7jt++ untuk paketannya. Mesin ini belum dijual unitnya saja, jadi kita harus beli satu paket. Dalam paketan (DCS575 T2) kita sudah dapat mata pisau ultra thin kerf, parallel guide, baterai, charger dan boks TSTAK. Waktu awal masuk ke Indonesia, paketan baterainya hanya satu, dengan kapasitas baterai 9AH, tapi saat ini paketan baterainya berubah, sekarang kita dapat 2 baterai, tapi dengan kapasitas 6AH.


Fitur dan build quality ok punya, standar kualitas Dewalt, tidak mengecewakan. Motor sudah brushless atau sudah tidak menggunakan carbon brush. Blade guard sudah magensium, auto brake, lampu LED, safety switch, pengunci naik turun dan bevel juga ok, tidak gampang goyang dan base plate model yang flat atau rata. Suara halus, tidak terlalu berisik, agak jauh jika dibandingkan CS yang kabel.


Yang saya kurang suka dari mesin ini (selain harganya), itu ergonomisnya, atau kenyamanan pada saat digunakan, ya karena badan saya kecil dan tangan saya kecil. Dengan baterai yang cukup besar, jadi agak berat dan agak sedikit mengganggu pada saat penggunaan, dan posisi tangan terlalu vertikal, kecuali saya motongnya dengan kedalaman mata pisau full.

Secara keseluruhan, mantap. Mantap powernya. Apakah layak dibeli? tergantung. Kalau buat saya yang cuma hobi, dan pakainya juga jarang-jarang, ya saya akan mikir 2x untuk beli mesin ini, kecuali bisa dibeli unitnya saja (mungkin dikisaran 3jt-4jt-an) dan kalau pas lagi ada promo (ngarep). Buat temen-temen yang sudah investasi atau mau investasi di mesin-mesin Dewalt, ya ini bisa jadi pertimbangan, karena baterainya Flexvolt, dimana baterai 54V Flexvolt bisa kita gunakan di mesin Dewalt lainnya yang 18V, dan siapa tau kedepan Dewalt akan masukin mesin-mesin Flexvolt lainnya.


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, dewalt, circular saw, cordless, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka

HobiKayu.com menggunakan cookie. Dengan menggunakan website ini, anda setuju dengan Kebijakan Privasi hobikayu.com.

Setuju