Review DeWalt DWS780 Sliding Miter Saw

Review DeWalt DWS780 Sliding Miter Saw

Spesifikasi >

 
HKRATING: 8/10

Fitur: 9/10
Performa: 9/10
Harga: 6/10
Value: 8/10

Plus: Power ok punya, mata pisau besar, fitur dan performa ok.

Minus: Mahal dan besar.


Besar, kokoh, kaya fitur, mahal? Bukan perkakas untuk semua orang.

Tidak banyak yang bisa di ulas tentang mesin ini, maksudnya ya,... tidak banyak fungsinya. Untuk spesifikasi motor, power input di 1.675 watt, mungkin ini maksimalnya, saya tes hasilnya antara 1.000 - 1.500-an, tergantung ketajaman mata pisaunya dan jenis kayu yang dipotong. Power mesin memang kerasa beda, terasa lebih galak dan lebih garang dibandingkan dengan kakaknya DWS713, mungkin karena desain atau mekanismenya yang tidak direct drive (mata pisau tidak langsung ke as motor). Untuk power, TOP.


Besar, kokoh, Miter Saw saya yang Ryu 8inci kelihatan sangat kerdil jika disangingkan dengan mesin ini. Kualitas bahan tidak diragukan, standar kualitas DeWalt, tidak mengecewakan, body kokoh, fitur lengkap. Tapi sayang mata pisau bawaannya (yang saya dapat) matanya terlalu banyak (60T). Mata pisau 12 inci, dengan arbor 30mm, mungkin agak susah mencari yang pas, khususnya mata pisau yang menengah kebawah, dan pilihan giginya pun saat ini di marketplace belum begitu banyak.


Bagaimana dengan akurasi pas keluar dari kardusnya? Yang saya dapat 80% presisi, jadi hanya perlu kalibrasi sedikit di baut bevel, pekerjaan mudah, hanya tinggal atur kedalaman bautnya. Tapi yang namanya mesin, semahal apapun, tetap harus kita kalibrasi dulu jika kita menginginkan mesin yang presisi. Untungnya, kalibrasi Miter Saw tidak serumit Table Saw, dan yang jelas, sebelum temen-temen beli, pastikan tes putaran mata pisaunya terlebih dahulu di tokonya.


Satu-satunya alasan teknis kenapa kita butuh Miter Saw 12 inci yang sliding adalah kapasitas potongnya. DWS780 bisa potong lebar hingga 34.5cm dengan ketebalan kayu sekitar 8cm kurang, tentunya jika kita ingin potong kayu dengan tebal lebih dari 8cm, kapasitas potong lebarnya akan semakin berkurang. Untuk kemiringan miter, DWS780 ini bisa potong 60 derajat di kanan dan 50 derajat di kiri. Sedangkan untuk kemiringan bevel, 49 derajat baik kanan maupun kiri, karena mesini ini Dual Bevel, maka dia bisa potong miring bevel di kanan maupun di kiri.

Dengan harga 12 juta-an, bisa dibilang mahal, mahal banget untuk sebuah Miter Saw. Mungkin kalau saya baru akan memulai usaha kecil-kecilan, saya akan alokasikan dananya buat beli Table Saw Dewalt dan Miter Saw lain yang 10 inci, inipun masih sisa dananya. Beda jauh memang harganya kalau kita lihat harganya di negara asalnya (US), ya karena ongkos kirim, pajak, dll yang bikin mesin ini jadi mahal di Indonesia. Mungkin kalau harganya di kisaran 6 atau 7 juta-an, akan saya pertimbangkan kembali.

Sebelum temen-temen memutuskan untuk beli mesin ini , tanyakan pada diri sendiri dulu, apakah perlu? Apakah proyek yang dikerjakaan membutuhkan mesin sliding 12 inci? Seperti yang sebut sebelumnya, ini mesin bukan untuk semua orang, atau bukan untuk semua workshop, mesin ini spesifik. Semua fungsinya bisa dilakukan di Table Saw. Kecuali memang dananya ada, itu kembali lagi ke temen-temen, yang jelas akan bikin workshop semakin ganteng.


Update: Video review ikut hilang, jadi tidak ada video review di Youtube. T_T,


Topik: dewalt, review, perkakas, miter saw, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka