Review Krisbow ESC-18C - 18V Cordless Circular Saw

Review Krisbow ESC-18C - 18V Cordless Circular Saw

Spesifikasi >

Beli/Cek Harga:

Bukalapak Rp. 1.898.000++
Shopee Rp. 1.982.000++
 
HKRATING: 6/10

Fitur: 7/10
Performa: 6/10
Harga: 7/10
Value: 6/10

Plus: Base plate ok, pengunci ok.

Minus: Kapasitas baterai kecil, hanya dapat 1 baterai, charging time lama.


Awalnya murah tapi kok jadi mahal?

Krisbow ESC-18C, 165mm 18V Cordless Circular Saw (CS). Kayaknya ini Cordless Circular Saw pertamanya Krisbow, dan kayaknya juga coba-coba pasar. Harga saat ini dikisaran 2jt-an, jauh naik padahal sebelumnya diawal sekitar 1,5jt-an. Paketannya kita dapat tas, 1 charger standar, 1 baterai 18v 2AH dan parallel guide. Dengan kelengkapan seperti itu, di harga 2jt-an, buat saya, mahal. Mata pisau ada disebelah kiri, jadi enak buat kita belah-belah multiplek dengan posisi potong diatas meja.


Motor di 3650 RPM tanpa beban. Untuk pemotongan plywood atau multiplek tidak ada masalah, lancar dan ok-ok aja. Untuk potong (cross cut) kayu-kayu pinus atau jati belanda juga tidak ada masalah. Mesin kerasa berat ketika sudah bermain kayu keras. Saya coba potong dan belah papan bengkirai 2cm, kerasa "ngeden", khususnya untuk belah. Kerasanya seperti Cordless CS Bosch yang 18V (GKS 18V-57), mirip-mirip tenaganya. Saya juga coba ganti mata pisaunya dengan Makita, agak mendingan sedikit tapi masih kerasa beratnya. Untuk belah memang berat, pakai CS saya yang Makita cordless atau yang AEG 6-in saja kerasa berat, tapi yang Krisbow ini kerasa lebih berat. Mungkin karena RPMnya yang kecil, karena sekarang biasanya untuk mesin mata 6-in, RPM di kisaran 5.000-an, sedangkan Krisbow ini masih dibawah 4000.


Handling enak, ergonomisnya ok, dipake stabil walau base agak kecil. Lebar base sama seperti Makita DHS660, jadi lebih kecil dibandingkan AEG yang 6-in. Posisi tangan dan posisi dorong juga nyaman, handle depan (tanduk) posisinya pas. Dengan baterai 2AH tidak terlalu berat, tidak bikin tangan pegel. Penggantian mata pisau juga tidak ada masalah, cuma yang mesti temen-temen perhatikan, ini mata pisau ada di kiri, jadi untuk membuka pengunci mata pisaunya, putarannya searah jarum jam.

Saya suka basenya, kelihatan kokoh dan tebal dengan model extrusion, berbeda dengan Makita yang flat. Saya juga suka pengunci ketinggiannya, mudah dijangkau dan besi penopang ketinggiannya juga tebal tidak mudah goyang. Putaran mata pisau ok, tidak geal-geol (mesin yang saya tes), mekanisme blade guard tidak ada masalah, kemiringan juga tidak ada masalah. Secara build quality sih ok, tidak kelihatan murahan (ya emang gak murah).


Yang saya kurang suka,... nah ini lumayan banyak. Pertama di harga dengan paketannya. CS itu mesin yang boros baterai, ini dikasih hanya 1 baterai yang kapasitasnya imut, cuma 2AH, dan,.. di kemasan ditulis, untuk pengisian baterainya sekitar 80 menit, karena chargernya memang belum yang rapid charging. 2AH itu cepet banget habisnya, walaupun RPM mesinnya kecil, kalau cuma ada 1 baterai, akan kerasa kesel sendiri nanti pas bikin project. Saya ngerasain pakai baterai yang 3AH Makita saja kadang suka berenti ditengah project karena mesti ngisi daya baterai, untungnya charger saya yang rapid charging, jadi kurang dari 30 menit sudah penuh. Kalau dalam paketan Krisbow ini dapat 2 baterai, walaupun 2AH, akan lebih ok, atau 1 baterai dengan kapasitas 4AH dan rapid charger, ini baru cocok dijual dengan harga 2jt-an.

Menurut info dari temen-temen HobiKayu, ada yang jual baterai untuk mesin ini yang kapasitasnya 4AH, dikisaran harga 800rban, tapi saya belum cek dan belum coba, karena katanya juga, baterainya belum tersedia di Ace Hardware atau Kawan Lama.


Secara keseluruhan sih, dari fungsi, ok-ok aja, kalau misalkan harganya tetep di 1,5jt-an, bisa jadi produk yang value for money. Keluhan dan kekhawatiran temen-temen lain juga soal suku cadang, karena kayaknya akhir-akhir ini banyak yang kecewa dengan layanan purna jual dari Kawan Lama/Krisbow, khususnya untuk suku cadang. Saya punya beberapa mesin dari Krisbow, dan kalau dari yang saya lihat, Krisbow tidak konsisten untuk model produknya, maksudnya, setiap batch beda-beda. Misalkan untuk cordless CS ini, mungkin nanti kalau stoknya sudah habis, Krisbow tidak akan mengeluarkan mesin ini lagi, kalaupun masuk lagi, dengan spek yang berbeda, sama seperti dulu CS kabelnya yang ada riving knife, lalu Routernya, Bornya, dll.


Terakhir, untuk pertanyaan layak dibeli atau tidak, ya itu kembali lagi ke temen-temen. Kalau harganya tetep di 1,5jt-an mungkin saya akan pertimbangkan untuk beli, lumayan buat potong2 multiplek kasar sebelum masuk ke Table Saw. Tips, kalau temen-temen mau beli CS yang cordless, khususnya untuk mata pisau 6-in, kalau bisa cari yang RPMnya 5000-an.


Topik: review, perkakas, krisbow, circular saw, cordless, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka

HobiKayu.com menggunakan cookie. Dengan menggunakan website ini, anda setuju dengan Kebijakan Privasi hobikayu.com.

Setuju