Review Makita DTD149 18V Impact Driver

Review Makita DTD149 18V Impact Driver

Spesifikasi >

Beli/Cek Harga:

Bukalapak Rp. 1.900.000++
Shopee Rp. 1.995.000++
 
HKRATING: 8/10

Fitur: 8/10
Performa: 8/10
Harga: 8/10
Value: 8/10

Plus: Nyaman, tenaga mesin ok.

Minus: Baterai hanya 1 dan terlalu besar, fitur minim.


Impact Driver 18V paling murah dari Makita.


Makita DTD149, kayaknya tidak banyak yang bisa diulas untuk produk ini, karena Impact Driver fungsinya spesifik dan tidak banyak. Ini Impact Driver 18V paling murah dari Makita untuk saat ini.  Untuk paketannya (DTD149 SFX1), kita dapat unitnya, 1 buah baterai dengan kapasitas 3AH dan pengisi daya (charger). Charger yang kita dapat masih yang standar, jadi belum yang rapid charging, dan dapet belt hook. Kita tidak dapat boks atau kopernya, terus kita juga tidak dapat aksesoris lain seperti mata obeng.


Power agak dibawah Stanley SBI201 sedikit tapi dalam penggunaan tidak terlalu terasa. Harga juga tidak terlalu jauh, dikisaran 2jt-an. Bedanya yang Stanley SBI201 kita dapat 2 baterai, sedangkan Makita ini kita dapat 1 baterai 3AH. Sayangnya mesin ini belum brushless, sedangkan yang Stanley sudah.

Untuk penggunaan hobi, khususnya untuk kayu dan sekrup-sekrup kayu kecil, ini sudah lebih dari cukup, overkill menurut saya. Untuk pemasangan sekrup 7cm leg screw maupun chipboard screw di kayu-kayu dengan tingkat kekerasan menengah, ok, tidak ada masalah. Pemasangan sekrup baja ringan juga ok.

Yang saya suka dari mesin ini itu gripnya, atau handlenya. Pegangannya pas dan nyaman ditangan saya yang kecil, terus balanced, enak dan nyaman saat digunakan, walaupun dengan baterai 3AH yang cukup berat. Mungkin akan lebih nyaman kalau kita bisa pakai baterai yang lebih kecil, karena jika kita bekerja yang membutuhkan naik-naik, misal pasang plafon, akan kerasa juga beratnya.

Yang saya kurang suka ya paketan baterainya. Akan lebih ok jika paketannya ada 2 baterai, misal seperti Stanley, 2 baterai 2AH. Tapi sepertinya paketan untuk produk Makita saat ini, khususnya yang 18V menengah, hanya disertakan satu buah baterai. Terus tidak ada tempat buat mata obeng, jadi agak repot kalau mau ganti-ganti mata.

Buat temen-temen yang sudah atau baru mau investasi di produk-produk Makita, ini bisa jadi pilihan, karena baterainya, 18V Makita, kita bisa pakai di semua tool Makita yang 18V.


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, makita, impact driver, cordless, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka