Review RYU RBS8 Bandsaw 8-inci

Review RYU RBS8 Bandsaw 8-inci

Spesifikasi >

Beli/Cek Harga:

Shopee Rp. 1.365.000++
Bukalapak Rp. 1.368.000++
 
HKRATING: 7/10

Fitur: 6/10
Performa: 6/10
Harga: 8/10
Value: 8/10

Plus: Harga relatif murah, kalibrasi tidak terlalu sulit dan kelengkapan ok.

Minus: Motor kurang bertenaga.


Murah dan terjangkau, standar, tidak kurang, tidak lebih.

Salah satu kelebihan RYU selain layanannya adalah harganya, kali ini mereka mulai merambah ke mesin-mesin benchtop, khususnya untuk woodworking. Setelah sebelumnya mereka mengeluarkan Table Saw dan Miter Saw, kali ini mereka mengeluarkan 2 mesin lagi, Bandsaw dan Scroll Saw. Di ulasan kali ini, saya akan coba ulas atau review mesin gergaji Bandsawnya, RBS8.

Jika dilihat, produknya mirip banget sama NRT-PRO dan Pazto, ya mungkin satu pabrik. Dari spesifikasi, fitur, harga, mirip-mirip. Ukuran roda 8-in, dengan lebar rahang sekitar 19,5cm, lebih lebar sedikit dibanding Bandsaw saya yang Wipro JDD 200. Body metal, dan secara fitur sih standar-standar aja, ya memang karena rata-rata untuk mesin kelas menengah kebawah ya sama saja, lagipula, tidak banyak fitur di mesin Bandsaw mini.

Yang membedakan dengan Bandsaw Wipro saya, yang Wipro sudah ada lampu, tapi belum ada pegangan buat menganggkat mesinnya, sedangkan yang RYU belum dilengkapi lampu dan sudah ada pegangannya, lumayan cukup membantu kalau mau dipindah-pindah.


Spesifikasi motor, 350 watt, sama dengan yang Wipro, tidak terlalu powerfull, tapi cukup untuk mesin Bandsaw mini. Bandsaw 8-in lebih ditujukan untuk pembuatan kerajinan, atau pengolahan kayu-kayu yang tidak keras, jadi jangan komplain kalau berat atau susah belah kayu jati atau kayu-kayu keras lainnya. Untuk kayu-kayu pinus ok, lancar tidak ada masalah, baik untuk pemotongan pola atau belok-belok, untuk belah juga ok.


Hasil belah (resaw) tidak akan semulus atau serapi Table Saw, karena ya memang Bandsaw untuk pembelahan kasar, dan karena matanya fleksibel, hasil belah pasti akan terlihat kasar atau bergaris vertikal. Jadi jangan terlalu berharap banyak untuk hasil pembelahan dari mesin Bandsaw mini, baik untuk RYU ini atau merk-merk lain. Jika tujuannya untuk belah-belah, pilih yang ukuran 14-in keatas.

Dalam paketan sudah termasuk push stick, fence, dan miter gauge. Meja, fence, miter gauge semua standar, minimalis. Meja bisa dimiringkan hingga 45 derajat, fence lumayan kokoh, tidak geser-geser saat digunakan, karena sistem pengunci depan belakang. Miter gauge tidak terlalu goyang-goyang, untuk miter slotnya belum t-slot, tapi ada pengunci biar miter gaugenya tidak keangkat.


Untuk kalibrasi tidak terlalu sulit, karena semua ada baut pengaturnya, baik untuk kemiringan roda dan kekencangan mata pisaunya. Untuk guide post (bagian yang bisa naik turun untuk ketebalan kayu), menggunakan drat jadi tidak langsung jatuh ketika kita membuka penguncinya, tidak seperti Wipro saya. Tapi jangan lupa, sebelum kita atur ketinggiannya, buka dulu penguncinya (dikendorkan), karena kalau dipaksakan, bisa bikin dratnya aus, karena dratnya terbuat dari plastik dan giginya kecil.

Harga di 1,5 juta ++, murah. Jauh lebih murah dibandingkan dengan yang Wipro (2,5jt). Menurut saya ini bener-bener "value for money", khususnya buat yang memang butuh dan menggunakan mesin ini. Kalau kita hanya ikut-ikutan beli dan gak tau fungsi utama dari mesin ini ya,... percuma. Saran saya, kalau temen-temen mau beli, jangan beli online, beli langsung ke toko, cek mesinnya biar gak nyesel. Mesin yang saya dapat ini agak sedikit bengkok di basenya, yang bikin gak bisa berdiri kokoh, mungkin karena pengiriman. Ada juga temen-temen lain juga ada yang laporan kalau mejanya atau bodynya nyterum, jadi, lebih aman kalau temen-temen cek langsung barangnya di toko dan tes.

Secara keseluruhan, saya suka, karena harganya. Semua standar, sesuai dengan fungsinya, tidak kurang, tidak lebih,.... menurut saya.


Topik: ryu, review, perkakas, bandsaw, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka

HobiKayu.com menggunakan cookie. Dengan menggunakan website ini, anda setuju dengan Kebijakan Privasi hobikayu.com.

Setuju