Review Wipro SSA16 Variable Speed Scroll Saw

Review Wipro SSA16 Variable Speed Scroll Saw

Spesifikasi >

 
HKRATING: 7/10

Fitur: 7/10
Performa: 7/10
Harga: 7/10
Value: 7/10

Lumayan OK untuk pemula seperti saya, variable speednya cukup membantu.

Ini Scroll Saw pertama saya, dan ini saya dapat dari hasil barter dengan bor Dewalt 18V DCD777. Saya sendiri belum begitu pengalaman dengan Scroll Saw, pengen banget belajar dan coba. Ini Scroll Saw Wipro SSA16 Variable Speed (dimesin ditulis single speed). Untuk SSA16 ini ada 2 tipe, yang single speed dan variable speed (pengatur kecepatan), tapi sayangnya infonya sudah susah dicari di internet, mungkin karena produk lama.


Karena infonya susah dicari, jadi untuk harganya saya tidak bisa pastikan, mungkin dikisaran 2jt-an kebawah. Untuk spesifikasi, tidak jauh beda dengan mesin-mesin Scroll Saw lain yang ada di pasaran saat ini. Motor di 90 Watt, rahang 16-inci, meja bisa di tilt hingga 45 derajat, kapasitas potong sekitar 7cm, tapi belum ada lampu LED.


Dipaketan yang saya dapat ini, sudah ada adapter untuk pinless blade, tapi saya belum bisa pastikan apakah sudah termasuk paketan pada saat beli atau tidak, karena pemilik sebelumnya juga lupa. Juga sudah ada beberapa mata berbagai ukuran, tapi tidak ada mata yang spiral.


Untuk getaran, tidak terlalu kencang, tapi tetep mesti kita kunci atau clamp ke meja. Pengatur kecepatan lumayan ok, cukup membantu buat yang baru belajar seperti saya, apalagi buat temen-temen yang takut dengan mata gergajinya. Tapi kadang di putaran rendah, mesinnya tidak jalan, jadi mesti kita naikan dulu kecepatannya baru kita turunkan lagi.


Secara kesuluruhan, buat saya sih ok, saya kurang begitu paham betul tentang Scroll Saw, jadi belum tau apa aja yang mesti kita perhatikan di mesin ini. Secara feel penggunaan sih sama aja dengan merk-merk lain seperti Krisbow atau Modern. Untuk build quality juga sepertinya sama.


Untuk pertanyaan soal awet atau tidak, nah itu tidak bisa saya jawab, karena kayaknya ini mesin juga bakalan jarang saya pakai, dan kalau untuk awet atau tidak itu banyak faktornya.Mungkin ada temen-temen yang sudah pengalaman bisa share tips and tricknya? Moggo tulis di komentar. ^_^


Untuk lebih lengkap, video bisa diakses di: Youtube


Topik: review, perkakas, wipro, scroll saw, ...

 


 
HobiKayu Partners:
Kayuloka